This page looks best with JavaScript enabled

Singkronisasi Data Komputer Dengan MEGA Cloud

 ·   ·  ☕ 3 min read

Dengan perkembangan teknologi cloud saat ini sangat memudahkan bagi kita untuk menyimpan data atau file dengan lebih aman dan mudah diakses. Saat ini sudah banyak platform penyimpanan cloud yang ditawarkan kepada pengguna mulai dari yang gratisan sampai ppada yang berbayar.
salah satu platform penyimpanan awan yang bersifat Free Libre Open Source Software (FLOSS) adalah Mega.nz. Berikut ini akan dijelaskan apa itu Mega dan bagaimana menggunakannya di system operasi GNU/Linux.

Apa Itu Mega

Mega.nz merupakan layanan penyimpanan cloud yang sangat baik dan menjaga kemanan privacy dan data pengguna.

Fitur-fitur MEGA

Sebagai Media Penyimpanan yang Aman

Mega merupakan media penyimpanan awan yang aman baik terhadap data yang tersimpan ataupun proses transfer dari lokal ke awan (Cloud). Hal ini didukung dengan metode end to end Encryption, Two Factor authentication, dan recovery key.

Menawarkan Penyimpanan cukup Besar

Selain menjaga keamanan data pengguna, Mega juga menawarkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, untuk akses pengguna free diberikan kapasitas hingga 50GB, hal ini tentunya sudah lebih dari cukup untuk menyimpan data-data yang diperlukan di Cloud.

Download File tanpa Sign Up

Dengan adanya fitur ini memungkinkan pengguna tidak perlu mendaftar untuk mendownload file yang tersimpan di mega, cukup memiliki link yang diberikan oleh pemilik file, sudah dapat mendownload file yang diinginkan

Pengaturan File yang Mudah

Mega Cloud memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengatur proses transfer file dari lokal ke Cloud, pengguna dapat memantau progres transfer setiap file.

Mobile Apps

Mega menyediakan aplikasi untuk mobile, baik untuk android melalui google playstore, maupun IOS melalui AppStore. Dengan adanya aplikasi mobile ini memudahkan pengguna untuk mengirim atau mengakses file yang tersimpan di Cloud (awan) di mana saja dan kapan saja.

Desktop Apps

Selain tersedia untuk versi mobile, Mega juga tersedia untuk versi desktop, yang dapat diinstal di system operasi Gnu/Linux, Windows dan Mac. Adanya aplikasi desktop ini memudahkan proses Singkronisasi data lokal pada komputer dengan Mega Cloud storage. File yang disinkronkan dapat diatur berdasarkan folder yang diinginkan oleh pengguna baik pada lokal maupun di Cloud (awan). Proses Singkronisasi juga berlangsung secara automatis ketika komputer terhubung ke jaringan internet.

Anti Ransomware

Data yang tersimpan di Cloud akan terjaga dari serangan virus terutama virus Ransomware, yang banyak menyerang data data lokal pengguna.

Mendukung Kolaborasi

Pengguna Mega dapat saling berkolaborasi dengan aman ketika sedang saling berbagi file karena didukung end to en Encryption dan adanya fitur chat antar pengguna.

Cara Install

Di Desktop

Untuk menginstall Mega di desktop pengguna cukup mengunduh file installer yang berbentuk binary dari website Mega di https://mega.nz/sync pengguna dapat memilih sesuai dengan system operasi yang digunakan. Kemudian mengeksekusi file Installer sebagaimana biasanya menginstall aplikasi pada system operasi masing-masing.

Di mobile

Bagi pengguna mobile dapat langsung menginstall aplikasi megaSync melalui playstore bagi pengguna android, dan melalui appstore bagi pengguna Ios.

Cara Backup dan singkronisasi data

Berikut ini cara mensikronisasi sekaligus backup data dari penyimpanan lokal ke Cloud dengan menggunakan MegaSync pada desktop.

  • buat akun di MEGA.nz atau klik di sini
  • Buka aplikasi megasync yang telah diinstall
  • pilih login jika sudah memiliki akun di Mega, jika belum pilih buat akun baru
  • setelah login akan ada tampilan berikut ini :
    tampilan mega di desktop
  • pilih lambang folder addsync di bagian kanan atas aplikasi (icon ketiga dari kanan)
  • pilih add sync untuk menambahkan folder lokal dan cloud
    tampilan mega di desktop
  • klik nomor 1 (choose) untuk memilih folder lokal yang akan di backup ke cloud
  • klik nomor 2 (choose) untuk memilih atau membuat folder penyimpanan di cloud
    tampilan mega di desktop
  • klik new folder untuk menambahkan folder baru pada cloud.
  • Setelah terpilih folder lokal dan cloud, klik OK
  • proses sinkronisasi dan upload data ke cloud akan berproses
    tampilan mega di desktop
  • selanjutnya setiap ada perubahan atau ketambahan file pada folder yang telah di backup ke cloud maka secara automatis MEGAsync akan melakukan sinkronisasi data (mengupdate data yang tersimpan di cloud) ketika terhubung ke jaringan internet.

Penutup

Demikian cara backup dan singkronisasi data lokal (komputer) dengan cloud menggunakan platform MEGA. Semoga informasi ini bermanfaat.

Bagikan

nandar88
Ditulis oleh
nandar88
teacher