This page looks best with JavaScript enabled

Joplin Aplikasi Pencatatan Free Terbaik

 ·   ·  ☕ 5 min read

Apa itu Joplin?

Joplin merupakan aplikasi pencatatan dan pengingat tugas yang bersifat bebas dan merupakan aplikasi dengan kode sumber terbuka. Joplin bebas untuk digunakan dan multi platform, tersedia untuk perangkat komputer (Linux, windows, Mac) dan handphone (android dan IOS).

Fitur-Fitur Joplin

Sebagai salah satu aplikasi pencatatan yang digadang-gadang sebagai alternatif dari Evernote, Joplin dibekali fitur-fitur sebagai berikut :

Mendukung Banyak Platform

Joplin dapat diinstall di berbagai system operasi dan berbagai perangkat, hal ini tentunya sangat memudahkan. Dengan berbagai perangkat yang berbeda dapat mengelola sebuah catatan yang dapat saling tersinkronisasi satu dengan yang lain

Klip Halaman web

Klip halaman web (Web Clipper ) merupakan sebuah extensi Joplin yang dapat diinstal di Firefox dan Google Chrome, yang berguna untuk menyimpan halaman sebuah website ke Buku Catatan Joplin, dalam bentuk full halaman atau screenshot bagian tertentu.

End 2 End Encryption (E2EE)

Saat ini tengah marak dibahas tentang keamanan data dan privacy, Joplin menyediakan fitur E2EE untuk mengenkripsi data dalam buku catatan sehingga tidak mudah untuk dibuka oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Riwayat Catatan

Riwayat Catatan (Note Histrory ) merupakan fitur untuk menampilkan riwayat perubahan dari catatan yang kita buat di Joplin, dengan fitur ini pengguna dapat kembali pada keadaan catatan di waktu tertentu sesuai dengan perubahan yang diinginkan.

Singkronisasi Cloud

Sebagai aplikasi note-taking modern, Joplin telah mendukung Singkronisasi dengan 4 layanan Cloud seperti Next Cloud, DropBox, WebDav, dan OneDrive. Fitur inilah yang memudahkan Singkronisasi buku catatan antar platform.

Pencatatan Offline

Sebelum disinkronisasi dengan penyimpanan awan (Cloud) catatan di aplikasi Joplin akan tersimpan di perangkat yang digunakan secara, sehingga tetap dapat diakses tanpa koneksi internet.

Export dan Import

Buku catatan yang tersimpan di Joplin dapat diexport ke berbagai format. Pada perangkat komputer catatan dapat diekspor dalam format markdown, pdf, html, raw format dan joplin format. Selain eksport, Joplin juga dapat mengimport catatan yang berformat markdown dan enex (hasil eksport dari Evernote).

Support Tag and Notebook.

Sebagai aplikasi pencatatan dan pengingat tugas yang dapat menyimpan catatan dalam jumlah banyak, Joplin dibekali fitur tag dan notebook sehingga memudahkan dalam pencarian dan pengelompokkan catatan yang dibuat.

Sort Multiple Criteria

Fitur ini memudahkan dalam pencarian catatan dengan jumlah yang banyak, mendukung pengurutan berdasarkan title, waktu update dan lain-lain.

Alarm

Fitur alarm tersedia pada aplikasi komputer dan handphone, ini membantu mengingatkan pengguna terhadap suatu aktivitas yang direncanakan pada waktu tertentu

Format Markdown and Plugins

Oleh karena catatan di Joplin dapat dibuat dengan format markdown dan dukungan banyak plugin maka dapat membuat catatan berisi notasi Matematika, kimia, tabel, diagram (mermaid), kode program, footnote, endnote, daftar isi automatis, smiles, berbagai efek typografi dan lain-lain.

File Attachment

Catatan di Joplin dapat ditambatkan berbagai macam format file seperti gambar, video, audio, bahkan dapat dibuat link antar catatan. Untuk format gambar, video dan audio dapat langsung ditampilkan/dijalankan, namun format lainnya dalam bentuk link dan dapat dibuka dengan aplikasi yang sesuai.

GEO Tag

Dengan adanya fitur Geo Tag, setiap catatan yang dibuat akan menandai lokasi dimana catatan tersebut pertama kali dibuat.

Template

Dapat dibuat template untuk catatan yang dibuat dengan format berulang. Hal ini tentunya sangat membantu dalam meningkatkan produktivitas dalam membuat tulisan dengan format yang sama.

Kustomisasi Shortcut

Untuk versi desktop terdapat banyak shortcut yang dapat diatur kembali sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Dan Lain-lain

Fitur-fitur lainnya dari Joplin dapat diexplorer sendiri lebih jauh, karena mungkin masih ada fitur yang belum sempat dituliskan pada artikel ini.

Cara Install

Desktop

  1. Windows dan Mac
    Untuk meng-install aplikasi Joplin di Windows dan Mac, sangat mudah. Cukup dengan mengunduh aplikasi binary .exe (windows) dan .dmg (Mac) dari joplinapp.org, kemudian mengeksekusi nya seperti menginstall aplikasi pada umumnya. Untuk versi windows tersedia juga versi portabelnya.
  2. Linux
    Untuk pengguna Gnu/Linux dapat juga langsung mengunduh format appimages yang langsung dapat digunakan atau meng-install ya dengan mengetikkan perintah berikut pada terminal linux.
     wget -O - https://raw.githubusercontent.com/laurent22/joplin/dev/Joplin_install_and_update.sh | bash
    
    

Terminal

Untuk pengguna Linux, Mac, dan Windows (via wsl), terlebih dahulu meng-install nodejs 12+ kemudian mengetikkan perintah berikut pada terminal/console.

     NPM_CONFIG_PREFIX=~/.joplin-bin npm install -g joplin
     sudo ln -s ~/.joplin-bin/bin/joplin /usr/bin/joplin

Mobile

Pengguna android dapat menginstall aplilasi Joplin melalui google play store dan pengguna IOS melalui app store

Cara Pengetikan pada Format Markdown

Efek Huruf

  1. Typografi

# Heading 1
hasilnya

Heading 1

## Heading 2
hasilnya

Heading 2

### Heading 3
hasilnya

Heading 3

#### Heading 4
hasilnya

Heading 4

**Tebal**
hasil Tebal
*Miring*
hasil Miring
dan lainnya

  1. Tabel
|No|Nama|Asal|
|:---:|:----|---:|
|1|Aaaaaa| Indonesia|
|2|bbbbbb| Arab Saudi|
|3| Ccccc| Malaysia|

Hasilnya

NoNamaAsal
1AaaaaaIndonesia
2bbbbbbArab Saudi
3CccccMalaysia
  1. Notasi Matematika
$$ f(x) = \int_{-\infty}^8
              	\frac{\hat f(\xi)\,e^{2 \pi i \xi x}}{5x^2-\sqrt{4x}} 	\,d\xi $$

Hasilnya

$$ f(x) = \int_{-\infty}^8 \frac{\hat f(\xi),e^{2 \pi i \xi x}}{5x^2-\sqrt{4x}} ,d\xi $$

  1. Diagram (mermaid)

```mermaid
   graph LR
   A[Bangun Ruang]-->B[Sisi lengkung]
   A[Bangun Ruang]-->C[Sisi datar]
   B -->D[Bola]
   B -->E[tabung]
   B -->F[kerucut]
   C -->G[kubus]
   C -->H[limas]
   C -->I[prisma]
   C -->J[balok]
.```

Hasilnya

   graph LR
   A[Bangun Ruang]-->B[Sisi lengkung]
   A[Bangun Ruang]-->C[Sisi datar]
   B -->D[Bola]
   B -->E[tabung]
   B -->F[kerucut]
   C -->G[kubus]
   C -->H[limas]
   C -->I[prisma]
   C -->J[balok]

Selengkapnya silahkan kunjungi joplinapp.org/markdown/

Tangkapan Layar Joplin

Joplin Pada Desktop

screenshoot Joplin
screenshoot Joplin
screenshoot Joplin
screenshoot Joplin
screenshoot Joplin

Joplin Pada Android

screenshoot Joplin
screenshoot Joplin

Penutup

Demikian beberapa informasi tentang Joplin. Dengan fitur yang sangat1 kompleks tersebut pantaslah joplin dikategorikan sebagai aplikasi pencatatan free terbaik.

Bagikan

nandar88
Ditulis oleh
nandar88
teacher