This page looks best with JavaScript enabled

Guru Belajar Berbagi Program Baru Kemdikbud

 ·   ·  ☕ 2 min read

Program Guru Belajar dam Berbagi

Apa itu Program Guru Belajar dna Berbagi?

Guru Belahar dan Berbagi merupakan program baru yang dirilis oleh kemdikbud sebagai wadah bagi guru-guru Indonesia untuk belajar dan berbagi berbagai ragam pembelajaran untuk meningkatkan kompetensinya.

Ayo guru belajar sebuah gerakan untuk mengajak para guru untuk aktif dalam berbagai kegiatan pembelajaran GTK secara daring. Adapun Ayo guru berbagi merupakan gerakan kolaborasi antara berbagai pihak, pemerintah, guru, komunitas, pemerhati pendidikan untuk bekerja sama dalam berbagi gagasan dan praktik untuk meningkatkankualitas pembelajaran.

Layanan Guru Belajar dan Berbagi

Dengan dirilisnya layanan Guru Belajar dan Berbagi melalui website dengan alamat https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id/ maka setiap guru dapat mengakses berbagai layanan berikut ini :

Seri Pendidikan Keterampilan Hidup

Melalui menu Ayo Belajar dari beranda halaman website guru belajar dan berbagi terdapat seri Pendidikan Keterampilan Hidup. Seri ini bertujuan untuk :

  • Meningkatkan kompetensi guru terkait topik-topik Pendidikan Keterampilan Hidup sehingga dapat mendukung peserta didik mengembangkan keterampilan abad ke-21 guna mencapai tujuan pendidikan nasional Indonesia.
  • Mengembangkan keterampilan guru dalam memfasilitasi pembelajaran Pendidikan Keterampilan Hidup kepada peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran yang aktif, partisipatif dan menyenangkan.
    Saat ini seri pendidikan ketrampilan hidup sudah memasuki angkatan ke 5 ( 8 - 21 Maret 2021)

Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Seri Belajar mandiri calon guru ASN PPPK merupakan progtam untuk memberikan wadah sebagai persiapan guru honorer untuk mengikuti seleksi PPPK. Seri ini memfasilitasi guru untuk meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik melalui pemberian pengetahuan dan latihan soal-soal sebagai bekal mengikuti seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.
Jadwal Pelaksanaan:

  1. Fasilitasi Pembelajaran
  • Pemilihan Mata Pelajaran : 3 Maret - 12 April 2021
  • Fasilitasi Pembelajaran : 3 Maret - 18 April 2021
  1. Try Out
  • Pelaksanaan Try Out : 15 Maret - 7 Mei 2021
    Berikut panduan seri persiapan PPPK download di sini

Seri Pendidikan Inklusif

Seri yang masih dalam tahap persiapan ini merupakan program yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan guru tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif, dan system layanan pembelajaran pendidikan berkebutuhan khusus.

Seri Program Guri Belajar dan Berbagi Masa Pandemi (Selesai)

Seri ini bertujuan untuk menyiaplan guru untuk dapat melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara optimal dengan kondisi khusus seperti kovid 19.

Berbagi Pernagkat, Media dan Sumber Belajar

Melalui program Ayo Berbagi guru dapat saling berbagi berbagai kebutuhan pelaksanaan pembelajaran seperti RPP, Modul, Lembar Kerja Peserta Didik dan lainnya.

Penutup

Demikian sekilas info tentang program guru belajar dan berbagi, semoga dapat dimanfaatkan oleh guru guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas pendidikan Indonesia.

Bagikan

nandar88
Ditulis oleh
nandar88
teacher