This page looks best with JavaScript enabled

Mengenal Google Keep Catatan Terintegrasi

 ·   ·  ☕ 3 min read

Mengenal Google Keep

Apa itu google keep? Google Keep merupakan salah satu paket layanan google dari google family yang dikhususkan sebagai media membuat catatan-catatan atau pengingat. Sebagaimana produk google lainnya, google keep terintegrasi dengan google docs ( slide, doc, dan spreadsheet).

Fitur Google Keep

  • google keep tersedia untuk versi desktop dan versi mobile Dengan fitur ini akan memudahkan pengguna untuk mengakses catatan yang dibuat di hp melalui laptop. Misalkan saya dalam keadaan mengantri terus memiliki ide untuk melakukan beberapa hal terkait pekerjaan kantor saya, saya kemudian mencatatnya di aplikasi google keep sesampainya di kantor, saya dapat membuka catatan di hp tadi di laptop tanpa harus membuka hp.
  • Terintegrasi dengan aplikasi google document baik google docs, google slide maupun google spreadsheet. Dengam fitur ini ide-ide ringkas yang dicatat di google keep versi hp dapat langsung ditambahkan ke dalam google docs, slide atau spreadsheet ketika sedang membukanya melalui laptop. Hal ini juga berlaku sebaliknya, dengan hanya memilih teks atau kalimat tertentu pada lembar kerja google docs, kemudian klik kanan, kemudian memilih menambahkan ke keep, maka catatan baru di google keep akan bertambah.
  • Membuat list pekerjaan. Dengan google keep pengguna dapat membuat list pekerjaan dalam bentuk ceklist yang bersifat dinamis. Kenapa dikatakan dinamis? ya karena ketika salah satu list yang dibuat diceklist maka item list tersebut akan berpindah ke bagian bawah list utama dan akan tertandai dengan efek coretan. Dengan fitur ini semakin memudahkan dalam mengecek pekerjaan.
  • Membuat pengingat. Selain sebagai media membuat catatan-catatan atau ide-ide, google keep juga dapat digunakan untuk membuat pengingat. Misalkan pengingat kegiatan rapat sekolah, dimana dapat memilih tanggal dan waktu dan bahkan lokasi kegiatan melalui google map.
  • Adanya fitur membuat label, sehingga memudahkan dalam mengelompokkan catatan sesuai dengan labelnya, bahkan mendukung juga pemberian warna yang berbeda-beda untuk setiap catatan atau pengingat.
  • Terdapat fitur arsip dan sampah. Apa perbedaan kedua fitur tersebut? Dengan mengarsipkan catatan tidak akan dihapus, tetapi hanya dihilangkan dari beranda catatan, pengguna masih dapat mengeditnya dan mengembalikan kembali ke beranda catatan, sedangkan fitur sampah merupakan tempat penampungan sementara catatan yang telah dihapus selama 7 hari, lebih dari periode tersebut catatan akan terhapus secara permanen
  • mendukung voice note. Fitur voice note memungkinkan pengguna untuk membuat catatan dalam bentuk rekaman suara bahkan salinan suara dalam bentuk teks yang diketik secara automatis
  • Dapat menambahkan foto atau gambar ke dalam catatan. Misalkan pengguna hendak membuat catatn pertemuan, dan ingin melampirkan foto pertemuan, maka dengan menambahkan foto dari kameramelalui aplikasi google keep, foto langsung berada dalam catatan yang dibuat.
  • Mengubah gambar menjadi teks. Ini saya rasa merupakan fitur canggih yang dimiliki google keep, Pengguna dapat mengambil dan menyalin teks yang terdapat pada sebuah gambar atau foto menjadi teks yang dapat diedit disalin seperti tulisan yang diketik manual.
  • dapat membuat catatan secara kolaborasi. Dengan era digital 4.0 saat ini dimana kolaborasi merupakan ciri khasnya, maka google keep telah memfasilitasi penggunanya untuk lebih produktif dalam bekerja dan beraktivitas.
  • mudah digunakan dan user friendly. Tidak butuh pengetahuan dan keahlian ICT advance untuk dapat menggunakan google keep, cukup dengan berani mengexplore fitur-fiturnya sudah dapat memaksimalkannya dalam optimalisasi pekerjaan sehati-hari.
  • dapat menggambar/melukis dan coret-coret dengan beberapa pilihan background seperti kertas, grid, dan lainnya, juga dapat mengekspor hasilnya dalam bentuk gambar .png.

Apa Syarat Menggunakan Google Keep?

Agar dapat menggunakan google keep pengguna harus memiliki akun gmail atau google account. Cukup dengan akun gmail baik versi personal gratis atau versi gsuite.

Screenshoot Google Keep

tangkapan layar  keep
tangkapan layar  keep
tangkapan layar  keep
tangkapan layar  keep
tangkapan layar  keep

Penutup

Google keep merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi membuat catatan di android, namun dengan kemampuan integrasi dan singkronisasi dengan google document (docs, slide, dan spreadsheet) dan layanan google lainnya menjadi nilai kebih dari aplikasi ini, utamanya bagi pengguna gsuite dengan dukungan penyimpanan cloud unlimited.

Semoga artikel ini memberikan informasi yang cukup mengenai google keep.

Bagikan

nandar88
Ditulis oleh
nandar88
teacher