This page looks best with JavaScript enabled

Cara Memulihkan Akun Facebook Yang Dibobol Cracker

 ·   ·  ☕ 3 min read

Pengantar

Beberapa jam yang lalu sebelum artikel ini ditulis, saya merasa kaget ketika membuka aplikasi facebook di hp muncul notifikasiwaktu/sesi anda telah berakhir, langsung kepikiran pasti ada yang tidak beres ini, sambil buka ternyata saya harus login kembali ke aplikasi facebook, dan benar setelah memasukkan kata sandi (password) yang biasa saya gunakan muncul notifikasi anda memasukkan kata sandi lama anda. Ternyata kata sandi saya telah diubah, selanjutnya saya coba memilih lupa kata sandi apa yang muncul setelah itu? ternyata email saya juga diganti kode keamanan akan dikirim ke email si tukang bobol (crecker) facebook saya, sehingga saya tidak klik lanjutkan.
Ini yang menjadi permasalahan yang saya akan tuliskan nanti solusinya, di mana akun fb saya dibobol atau diretas, kemudian kata sandi dan email pemulihannya di ganti.

Cara Memulihkan Akun Facebook dibobol Cracker

Apa itu Cracker?

Sebelum lanjut saya ingin menjelaskan kenapa saya menyebut orang yang meretas/membobol akun Facebook saya itu Cracker. Cracker adalah orang yang memiliki keterampilan komputer yang mencoba meretas masuk ke dalam system orang lain dengan tujuan merusak atau berbuat “jahat”. Cracker berbeda dengan hacker, kalau hacker orang yang mempunyai keterampilan komputer yang juga mampu meretas system komputer orang lain namun bukan tujuan untuk merusak atau berbuat “jahat” namun untuk mencari celah kemananan untuk kemudian dapat diperbaiki atau dimitigasi.

Langkah Pemulihan Akun Facebook yang dibobol

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan jika akun Facebook kita diganti email dan passwordnya

  • Buka email yang digunakan ketika mendaftar/membuatvakun facebook (email sebagai username facebook)
  • pastikan ada email notifikasi dari facebook seperti gambar berikut
    email notifikasi fb
  • Jika ada dua email yang masuk, notifikasi penggantian email utama dan password, pilih salah satu
  • saya membuka notifikasi tentang penggantian password, setelah klik amankan akun anda
    email notif amankan akun
  • Langkah selanjutnya Facebook akan memverifikasi bahwa kita benar-benar pemilik akun tersebut, dengan beberapa pertanyaan tentang aktivitas kita di Facebook.
  • Misalnya, Group atau fanspage yang kita ikuti, jika yang ditampilkan ada yang tidak diikuti silahkan dipilih
  • selanjutnya, pertanyaan tentang postingan yang pernah dibuat, jika dari yang ditampilkan ada yang bukan kita yang membuatnya silahkan dipilih, jika tidak ada lewatiatau lanjutkan
  • seperti itu hingga pertanyaan berakhir sampai pada pertanyaan tanggal, bulan dan tahun lahir kita, jika sesuai dengan yang kita daftarkan di awal di facebook maka kita diminta untuk membuat password (kata sandi) baru
  • jika langkah di atas benar, maka selamat akun anda berhasil dipulihkan.

Mitigasi/Pencegahan

Untuk Menghindari agar akun facebook kita tidak kembali dibobol, lakukan tips-tips berikut :

  • Ubah pengaturan kemanan dengan menambahkan authentifikasi dua faktor melalui menu pengaturan dan privasi > pengaturan > scroll pilih keamanan dan login scroll pilih > autentikasi dua faktor ada dua pilihan silahkan pilih sesuai kenyamanan anda melalui sms atau aolikasi google autentificator.
  • Dari menu autentifikasi dua faktor dapat juga menyimpan kode keamanan yang nanti digunakan ketika login dan meminta kode keamanan, sementara email utama tidak dapat dibuka. Simpan baik-baik kode tersebut di tempat yang aman menurut anda.
  • Ganti password facebook secara berkala, agar susah untuk dibobol oleh orang yang tidak bertanggungjawab
  • Hindari mengklik link yang sumbernya tidak jelas, misalnya tentang hadiah berupa pulsa atau paket data dan lainnya
  • pastikan email facebook dapat selalu diakses.

Penutup

Demikian beberapa langkah singkat bagaimana cara memulihkan akun Facebook kita yang coba diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Semoga tutorial singkat ini bermanfaat. Jika ada yang punya pengalaman serupa ataupun metode mitigasi lainnya silahkan tukis di komentar. Terima Kasih

Bagikan

nandar88
Ditulis oleh
nandar88
teacher