This page looks best with JavaScript enabled

Aplikasi Screenshoot Terbaik Dan Free

 ·   ·  ☕ 3 min read

Apa itu Screenshoot

Screenshoot adalah potongan tampilan atau tangkapan layar dari suatu device (perangkat) biasanya pada komputer/laptop atau smartphone. Biasanya screenshoot di komputer dimanfaatkan untuk pembuatan tutorial aplikasi atau untuk mengambil yangkapan layar secaravreal time untuk dijadikan gambar atau untuk kebutuhan lainnya.

Aplikasi Screenshoot Terbaik dan Free

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang aplikasi Screenshoot terbaik versi saya dan tentunya bersifat free. Free dalam artian bebas untuk digunakan atauoun dibagikan kepada orang lain tanpa terikat dengan lisensi.

Ksnip

Ksnip merupakan aplikasi screenshoot yang kaya akan fitur yang diperlukan untuk editing hasil tangkapan layar di pc. Ksnip tersedia untuk berbagai system operasi Gnu/linux, windows dan mac. Bagi pengguna linux dengan Desktop environment KDE ksnip sudah tersedia di repositorinya sedangkan untuk pengguna windows dapat mendownload aplikasinya yang berformat exe berupa aplikasi portable demikian juga pengguna mac tersedia dalam format dmg. berikut fitur-fitur ksnip :

  • mengambil tangkapan layar segi empat dengan mouse sesuai keinginan
  • mengambil tanhkapan kayar terakhir, tanpa perlu mengulangi pengambilan dengan mouse
  • mengambil tangkapan kayar secara penuh juga dimana posisi kursor perada
  • mengambil tangkapan layar yang sedang aktif
  • dapat mengatur tangkapan layar dengan kursor atau tidak
  • dapat mengatur jedah waktu setelah penekanan menu tangkapan layar dengan eksekusi (action) nya.
  • dapat langsung memgupload hasil tangkapan layar ke imgur.com dengan mode anonimous atau user
  • mendukung perintah command line (cli) untuk tangkapan layar dan lokasi penyimpanan standar.
  • penyimpanan dengan format nama file dalam tahun, bulan, tanggal, dan waktu serta urutan angka.
  • hasil tangkapan layar dapat dianotasi dengan persegi, lingkaran/elips, garis, tanda panah, teks, nomor terurut, fitur ini sangat cocok untuk keperluan tutorial
  • dapat memberikan efek blur atau sensor pada are tertentu dari hasil tangkapan layar.
  • setiap hasil tangkapan layar akan terbuka dalam bentuk tab, sehingga memudahkan untuk memange hasil tangkapan layar
  • dapat mengatur shorcut untuk setiap mode tangkapan layar.
  • dan fitur-fitur lainnya yang dapat dieksplore.
    tampilan ksnip

Flameshot

Flameshoot merupakan aplikasi screenshoot yang ringan yang tersedia untuk berbagai distro linux dan juga windows, namun untuk macos belum tersedia. Flameshot memiliki fitur-fitur anotasi yang mirip dengan ksnip seperti menambahkan persegi, lingkaran, blur, teks, panah, garis, dan lainnya,namun belum mendukung multi tab.
Flameshot juga memiliki fitur untuk dapat langsung mengupload hasil tangkapan layarnya ke imgur.com. Selain itu tersedia shortcut untuk pengambilan tangkapan layar dengan berbagai mode.
tampilan spectacle

Spectacle

Spectacle merupakan aplikasi screenshoot defaul pada desktop environment KDE Plasma. aplikasinya sangat ringan dan sederhana. Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini sebatas fitur standar untuk tangkapan layar full, tangkapan layar activ, tangkapan untuk jendela (window) yang aktif, dan tangkapan layar segi empat sesuai keinginan pengguna.

Shutter

Shutter merupakan aplikasi screenshoot yang cukup powerfull, dapat mengambil tangkapan layar dengan berbagai mode tampilan seperti full screen, entire window, atau sebagian layar tertentu. Shutter sudah didukung penambahan text dan sensor gambar dan multi tab, namun fitur anotasinya masih terbatas.

tampilan shutter

Gnome Screeshoot

Gnome screnshoot merupakan bawaan ubuntu dekstop. Aplikasinya sederhana layaknya spectacle, dapat mengambil beberapa mode tangkapan layar, namun belum mendukung anotasi dan multi tab.
tampilan gnome screenshoot

Kesimpulan

Demikian beberapa aplikasi scteenshoot yang gratis dan bebas untuk digunakan, dua aplikasi pertama tersedia lintas system operasi dengan segudang fitur yang cukup untuk menyempurnakan hasil tangkapan layar dari desktop perangkat komputer kita.

Bagikan

nandar88
Ditulis oleh
nandar88
teacher