This page looks best with JavaScript enabled

Explore Data Hp via Laptop Tanpa Kabel

 ·   ·  ☕ 2 min read

Pengantar

Menyalin ataupun transfer file dari smartphone ke laptop dan sebaliknya sekarang ini sudah menjadi kebutuhan. Terutama bagi mereka yang menjadikan smartphone sebagai penunjang pekerjaan. Namun kadang ketika tidak memiliki kabel data atau usb otg kita kesulitan untuk menyalin data dari smartphone ke laptop atau dari laptop ke smartphone. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi cara menyalin file di smartphone ke laptop tanpa perlu menggunakan kabel data atau usb otg, cukup memanfaatkan fasilitas theatring di hp (tenang tidak menyedot kuota internet), dan hebatnya lagi kita tidak perlu menginstall aplikasi apapun di laptop, cukup di hp saja.

Langkah-Langkah

Install aplikasi di HP

Aplikasi yang akan kita gunakan adalah mixplorer, aplikasi ini tidak tersedia di playstore, jadi untuk mengunduhnya langsung kunjungi websitenya mixplorer.com berikut tampilan websitenya :

mixplorer

setelah file apknya terunduh selanjutnya tinggal klik untuk menginstall apk tersebut di hp.

Mengoneksikan HP dan Laptop Via Wifi

Langkah berikut setelah install apk adalah mengoneksikan hp dan laptop pada satu jatingan wifi yang sama. Aktifkan hotspot hp, dan koneksikan laptop dengan koneksi wifi dari hotspot hp yang telah dibuat.

Mengaktifkan FTP Server

Langkah selanjutnya adalah buka aplikasi mixplorer yang telah diinstall. Klik titik tiga yang mendatar sebelah kanan, pilih servers, pilih Start Ftp server. Selanjutnya akan tampil tulisan ftp://192.168.43.1:2121, ini merupakan alamat ip dari hp anda, berupa angka, berbeda-beda setiap hp. Catat alamat ini mulai dari ftp:// sampai pada 2121.
mixplorer2
mixplorer3
berikut tampilan setelah di pilih start ftp server
mixplorer4

Explore di Laptop

Langkah terakhir ini kita sudah dapat menampilkan semua folder di hp kita ke laptop. Buka file maneger di laptop anda, jika pengguna windows buka Explorer, bagi pengguna Gnu/Linux buka nautilus atau dolphin atau yang lainnya. Selanjutnya ketikkan alamat ftp server tadi pada addressbar file manager dan tekan enter maka seluruh folder pada hp anda akan di tampilkan di laptop, anda siap untuk menyalin, memindahkan, menghapus atau mengatur file di hp anda.
mixplorer5

Penutup

Demikian cara explore file di hp dengan menggunakan laptop tanpa perantara kabel data. Mudah dan nyaman. Perlu diketahui aplikasi mixplorer ini merupakan aplikasi free sehingga tidak perlu membeli lisensi dan tidak ada iklan yang mengganggu. Selamat menikmati dan selamat mencoba.

Bagikan

nandar88
Ditulis oleh
nandar88
teacher